5 Alasan Mengapa Lovebird Jantan Takut dengan Lovebird Betina

ternak lovebird Sebagian besar Lovebird jantan takut dengan Lovebird betina. Seandainya ini sama seperti suami-suami takut istri. Jadi ternyata tidak cuma di kehidupan manusia saja, karena di dunia burung Lovebird juga demikian. Tetapi, tentu ada alasan mengapa Lovebird jantan takut dengan Lovebird betina.

Ya, memang ada sebagian alasan yang melatarbelakangi Lovebird jantan ketakutan terhadap Lovebird betina, lebih-lebih saat progres mengerami telur. Sesungguhnya wajar, mengingat naluri seorang ibu pasti ingin melindungi si kecil-si kecilnya, termasuk dari ayahnya sekalipun.



Lovebird betina juga semacam itu, ia ingin melindungi telur-telornya, sehingga kebanyakan Lovebird betina sering menyerang Lovebird jantan saat sedang bertelor.

Apakah semua Lovebird betina ganas terhadap Lovebird jantan? Jawabannya tidak selalu, karena ada juga Lovebird jantan yang nampak mengejar-ngejar Lovebird betina kemudian menyakitinya.

1. Ukuran Lovebird Betina Lebih Besar dari Lovebird Jantan
Seandainya tubuh pasangan tidak sama, tentu pasangan yang tubuhnya kecil sering ditindas oleh pasangan bertubuh besar. Seandainya ini sama dengan Lovebird betina bertubuh besar yang menyerang Lovebird jantan bertubuh kecil.

Meskipun semacam itu, hal ini tidak bisa menjadi barometer karena terkadang Lovebird jantan ukuran tubuhnya lebih besar dari Lovebird betina.



Baca juga: Metode Ternak Lovebird Untuk Pemula yang Baru Memelihara Lovebird

2. Lovebird Betina Over Daya
Lovebird betina yang sedang over libido (OB) pastinya memiliki semangat menggebu-gebu dan mental bertarungnya sangat tinggi. Seandainya libido hal yang demikian tidak disalurkan dengan bagus, maka Lovebird hal yang demikian bisa menyakiti pasangannya sendiri.

Apalagi jika Lovebird jantan sedang kurang libido, pasti Lovebird jantan akan menjadi sasaran empuk Lovebird betina. Seandainya telah demikian, Lovebird jantan dan betina sepatutnya lantas dipisah sementara supaya tidak terjadi cedera atau malahan kematian.

Baca juga: 2 Metode Ternak Lovebird dan Parkit Lengkap dengan Hasil Silangan

3. Pasangan Lovebird yang Baru Berjodoh
Pasangan Lovebird yang baru berjodoh umumnya lebih dominan yang betina. Karena, saat permulaan ketahui, Lovebird jantan nampak mengejar Lovebird betina. Tetapi, Lovebird betina cuma malu-malu saja. Setelah berjodoh, Lovebird betina jadi semakin nyaman dan hasilnya berani menonjolkan birahinya terhadap Lovebird jantan.

Sayangnya, libido yang berlebihan pada Lovebird betina justru membuat Lovebird jantan kewalahan. Sehingga, sering nampak Lovebird betina menyakiti Lovebird jantan.



Baca juga: 6 Metode Memilih Indukan untuk Ternak Lovebird yang Paling Ideal

4. Lovebird Betina Jadi Indukan
Seandainya Lovebird betina telah menjadi indukan, maksudnya telah bertelor, tentu yang diprioritaskan yaitu telur-telornya. Seandainya Lovebird jantan mengajak kawin lagi, pastinya Lovebird betina tidak ingin karena sedang melindungi dan mengerami telornya. Oleh karena itu, Lovebird betina sering murka-murka terhadap Lovebird jantan.

Seandainya seperti ini akan berlanjut sampai telur-telur tadi menetas. Lovebird betina tetap akan meloloh si kecil-si kecilnya sampai tumbuh dewasa. Seandainya Lovebird jantan mengganggu sedikit saja, pasti akan diserang oleh Lovebird betina.

Berbeda ceritanya jika anakannya diambil oleh pemilik Lovebird untuk diloloh sendiri. Lovebird betina telah tidak memiliki tanggungan, sehingga Lovebird betina lantas ingin kawin lagi dengan Lovebird jantan dan nampak akur kembali.

Baca juga: Usaha Sampingan Ternak Lovebird Lengkap dengan Biaya Perhitungan Tak

5. Lovebird Betina Terlalu Agresif
Seandainya cuma Lovebird jantan, ada juga Lovebird betina yang memiliki hobi kawin. Lovebird betina nampak lebih agresif diperbandingkan Lovebird jantan. Lovebird betina akan mengejar-ngejar Lovebird jantan untuk diajak kawin.

Ya, demi menyalurkan birahinya yang sedang memuncak, Lovebird betina terkadang sampai memaksa Lovebird jantan untuk melayani nafsunya. Seandainya Lovebird jantan tidak ingin, umumnya Lovebird jantan akan dibantai Lovebird betina sampai tewas.

Ada banyak kasus seperti ini yang menonjolkan Lovebird jantan tiba-tiba mati di dalam glodok, padahal pasangan hal yang demikian telah pernah produksi sebagian kali.

Baca juga: 13 Metode Membedakan Lovebird Jantan dan Betina yang Paling Sebagian

Seandainya sebagian alasan mengapa Lovebird jantan takut dengan Lovebird betina. Sebagian besar, permasalahannya berlokasi pada libido Lovebird betina yang terlalu tinggi. Seandainya memang karena over libido, sebaiknya pasangan hal yang demikian dipisah dahulu kemudian Lovebird betina diwariskan birahinya dengan sistem mandi berair atau dikasih pakan milet putih.

5 Alasan Mengapa Lovebird Jantan Takut dengan Lovebird Betina
-->