Tips Perawatan Lovebird yang Over Birahi

ternak lovebird Over libido pada lovebird memang tak jarang timbul pada burung yang sudah dewasa dan matang, hal itu wajar saja namun kalau burung hal yang demikian adalah burung yang sedang ikut serta laga maka hal hal yang demikian akan merugikan sang pemilik.

Pasalnya over libido pada burung akan menyebabkan burung hal yang demikian tak konsentrasi untuk ngekek, Ia akan terbang kesan-kemari dalam sangkarnya dan itu yang yang membikin penilaian buruk untuk sang burung.


Burung yang over libido dapat kita kenali, ya Anda dapat memperhatikan kelakukan sang burung yang sedang OB. Biasanya burung yang sedang OB akan memberikan pedoman sebagai berikut:

1. Burung akan lebih pendiam dan jarang berbunyi
2. Lebih agresif kepada pasangannya
3. Kerap mengawini tangkringannya sendiri
4. Kerap mencabuti bulu-bulunya sendiri
5. Kerap mengacak-ngacak sarangnya sendiri

Pedoman di atas dapat Anda kenali sebagai pedoman bahwa burung hal yang demikian sedang OB, kalau kondisi seperti ini konsisten dibolehkan dan dipaksakan untuk ikut serta kontes maka sangat mungkin burung hal yang demikian akan kalah. Lalu bagaimana sistem untuk menuntaskan itu segala?

Cara Menuntaskan Lovebird yang Sedang Over Libido
Sebenarnya OB dapat kita atasi dengan sistem-sistem yang gampang dan gampang, adapun sistem menuntaskan lovebird yang sedang over libido adalah sebagai berikut:

1. Hindari makanan yang dapat merangsang libido
Ada sebagian makanan yang dapat merangsang biarahi untuk burung, makanan hal yang demikian adalah jagung muda, kangkung, dan biji bunga sang surya. Makanan-makanan ini sangat dianjurkan untuk dihindari kalau burung Anda sedang OB, tujuannya supaya


burung Anda tak terlalu parah mengalami OB. Namun kalau birahinya sudah normal dan setabil Anda boleh memberikan makanan-makanan hal yang demikian pada burung Anda, namun Anda juga semestinya mengontrol frekuensi makanan hal yang demikian supaya tak memancing timbulnya OB susulan. Kasih vitamin yang tepat yang fungsinya untuk mengontrol libido burung, salah satunya adalah OrBird.

2. Perbanyak mandi basah
Bila umumnya burung Anda dimandikan setidaknya 2 kali sehari, maka untuk menuntaskan over libido lovebird haruslah dengan sistem memperbanyak mandi. Kecuali pagi dan petang Anda dapat memandikan burung ini pada malam hari, hal ini untuk mengurangi dan menurunkan libido sang burung. Akan namun Anda perlu hati-hati, pasalnya tak segala burung siap dimandikan pada malam hari. Mungkin saja ada sebagian burung Anda yang dapat sakit dikala mandi malam, jadi untuk urusan ini sebaiknya Anda bijak dalam memilih burung mana yang siap dimandikan malam hari dan mana yang tak siap.

3. Kurangi progres penjemuran
Bila frekuensi mandi ditambah maka Anda semestinya mengurangi sedikitnya 15 menit waktu penjemuran. Kecuali ini dimaksudkan untuk menurunkan libido sang burung, sebab panas sang surya membikin lovebird jadi over libido. Anda diharuskan untuk konsisten rutin menjemur burung ini, namun untuk waktu pelaksaanya sedikit dikurangi saja.

Burung yang dewasa memang wajar kalau mengalami over libido, hanya saja hal itu akan bermasalah untuk burung yang akan diikutkan kontes. Kecuali sebab terlihat tak bagus, burung yang sedang OB juga akan mendapatkan skor yang jelek dari juri. Jadi sebelum mengikutkan burung Anda ke kontes dan laga, lebih bagus Anda cek burung Anda terutama dulu. Apakah burung hal yang demikian sedang OB atau tak? Untuk mengetahuinya silahkan cermati pedoman-pedoman over libido lovebird, apakah burung Anda mempunyai pedoman hal yang demikian atau tak?

Tips Perawatan Lovebird yang Over Birahi
-->